Rabu, 23 Oktober 2013

Tugas Softskill Bahasa Indonesia 2 (2) : Tugas Kelompok

Nama Anggota Kelompok :
- Nurul Sarah 25211409
- Restu Nurul Andria 26211004

1. Mengapa fungsi komunikasi bahasa disebut Fungsi Dasar ? Mengapa pula disebut Fungsi Utama ?

Berdasarkan pengertiannya, bahasa adalah sistem perlambang yang digunakan secara timbal balik yang dibentuk atas unsur-unsur bunyi ucapan manusia. Fungsi utama bahasa adalah untuk memenuhi kebutuhan komunikasi antarsesama manusia. Menurut para ahli bahasa, meskipun binatang mempunyai kemampuan menggunakan simbol atau tanda untuk berkomunikasi, tetapi sistem komunikasi tersebut bukan merupakan bahasa. Dibandingkan dengan binatang, manusia bisa mempertukarkan ucapan melalui bahasa untuk berinteraksi dengan sesamanya. Bahasa adalah kemampuan manusia yang paling dasar dan manusiawi dan merupakan ciri utama manusia yang termasuk spesies Homo Sapiens.
Fungsi dasar bahasa merupakan dasar berkomunikasi yang harus kita ketahui dasar bahasa yang akan kita gunakan dan dengan siapa kita berkomunikasi, misalnya dengan orang yang lebih tua kita harus menggunakan bahsa yang lebih sopan dan mudah dipahami, atau dengan atasan kita harus menggunakan bahasa yang formal, berbeda ketika kita komunikasi dengan taman sebaya mungkin kita bisa menggunakan bahasa yang informal atau bahasa sehari – hari yang digunakan dilingkungan tersebut.


2. Apa Fungsi Alami Bahasa dan Fungsi Buatan ?

Fungsi alami Bahasa adalah Bahasa sehari-hari yang biasa kita gunakan untuk menyatakan sesuatu yang dipengaruhi oleh lingkungan sekeliling kita ( Bahasa Daerah ). Seorang yang tinggal di suatu daerah tertentu dalam bahasa sehari-hari yang ia gunakan selain Bahasa Indonesia juga dengan sengaja akan tercampur dengan bahasa daerahnya. Lalu bisa juga dengan bahasa isyarat, dengan menggelengkan kepala menunjukan bahwa kita tidak setuju pada suatu hal atau menganggukan kepala menunjukan bahwa kita setuju pada suatu hal.Sedangkan fungsi buatan bahasa adalah bahasa yang disusun sedemikian rupa berdasarkan pertimbangan akal pikiran untuk maksud tertentu. Bahasa buatan dapat digunakan untuk menambahkan makna informasi yang disampaikan agar bisa lebih dimengerti maksud dan tujuannya oleh orang lain. Contohnya yaitu simbol-simbol yang digunakan dalam pelajaran matematika.


3. Apa yang disebut dengan Metakomunikasi ?

Metakomunikasi berasal dari bahasa yunani yaitu “meta” yang artinya luar atau samping lalu digabungkan dengan kata komunikasi yang artinya memiliki arti sesuatu selain atau di samping komunikasi.  Sehingga dapat disimpulkan metakomunikasi adalah suatu komentar terhadap isi pembicaraan dan sifat hubungan antara pembicara dengan pendengar saat melakukan komunikasi.Konsep metakomunikasi dapat diilustrasikan sebagai berikut, berkomunikasi tentang semua hal yang ada di dunia tentang meja dan kursi dimana anda sedang duduk didepan komputer yang sedang anda gunakan, atau tentang bagian yang sedang anda baca sekarang, dan bahasa yang anda gunakan sekarang adalah bahasa pemrograman. Kita sebut saja semua ini sebagai objek komunikasi, karena anda berbicara mengenai berbagai objek. Tapi perlu diperhatikan juga bahwa anda tidak terbatas untuk berbicara tentang objek, anda juga bisa berbicara tentang berbicara anda, anda bisa berkomunikasi tentang komunikasi anda, sehingga semua aktivitas ini dapat disebut sebagai metakomunikasi. Dengan cara yang sama, anda pun bisa berkomunikasi menggunakan bahasa lainnya (meta-bahasa) untuk berbicara tentang bahasa dengan menggunakan bahasa pemrograman.Perbedaan antara objek komunikasi dan meta-komunikasi bukan hanya secara keilmuan, hal itu sangatlah terlalu sederhana, oleh karena perlu diketahui bahwa perbedaan diantara kedua bentuk komunikasi tersebut sangat penting dipahami guna menghindari berbagai kerancuan dan konflik dari berbagai interaksi komunikasi interpersonal.Sebenarnya, Kita menggunakan perbedaan ini setiap hari, namun tidak menyadarinya. Misalnya, ketika Kita mengirim komentar di sebuah forum jejaring sosial kepada seseorang dengan komentar bernada sinis namun kemudian meletakkan smiley di akhir komentar. Dengan mengkomunikasikan smiley, bagi komunikan dapat dimaknai sebagai “pesan yang tidak dipahami secara harfiah, melainkan dapat dipahami bahwa dalam pesan tersebut komunikator sedang mencoba menyampaikan humor.” Dengan demikian kedudukan smiley adalah sebagai metapesan, merupakan pesan tentang pesan.

Sumber :

http://alainoengvoenna.wordpress.com/category/ilmu-komunikasi/http://become-teacher.blogspot.com/2013/08/konsep-dan-fungsi-bahasa.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar